Sabtu, 20 Maret 2010

Kehadiran Rumah Sakit (RS) Islam yang mampu memberikan layanan medis profesional namun tetap menjalankan nilai-nilai syariah telah menjadi dambaan umat Islam di Indonesia. Pasalnya, selama ini tak banyak RS Islam yang mampu bersaing dengan RS yang berlandaskan keagamaan lainnya.
RS Muhammadiyah Lamongan yang kini berstatus RS Pratama tipe C ini, kini tengah berupaya meraih akreditasi di 16 bidang. RS ini telah menjadi solusi pelayanan kesehatan terdepan di kawasan ini. Tidak hanya bagi kalangan umat Islam, namun juga bagi seluruh golongan masyarakat di Lamongan dan sekitarnya.
Terbukti, kepercayaan masyarakat pada RS yang dimiliki Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini terus meningkat pesat. Bahkan seringkali melampaui kapasitas pelayanan yang ada, khususnya pelayanan rawat tinggal. Hal itu terlihat dari BOR atau angka pemanfaatan tempat tidur yang makin tinggi dari tahun ke tahun dengan titik kulminasi lebih dari 80%.
Berkat jiwa pengabdian terus dibangun oleh Persyarikatan Muhammadiyah Lamongan selaku pendiri dengan pihak RS, maka RS ini secara resmi dinyatakan lulus penuh oleh Tim KARS Pusat saat pelaksanaan Survey Akreditasi Dasar 5 Pokja. Lulus survey akreditasi 12 pokja yang dilaksanakan pada 2005. tahun2010 lulus 16 pokja.
Guna memantapkan pelayanan RS ini, maka kini tengah diupayakan pembangunan fasilitas unggulan berupa Trauma Center. Hal ini terkait dengan lokasi RS yang berada di jalur utama pantura bagian selatan. Sehingga, cukup banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang dirujuk ke RS ini.
Sejarah
Pendirian RSMuhammdiyah Lamongan berawal dari sebuah Pos Kesehatan Bencana Banjir di Lamongan. Melalui berbagai proses, institusi yang semula hanya bersifat insidental itu kemudian dilembagakan menjadi Balai Kesehatan Islam (BAKIS)/PKU Muhammadiyah Daerah Lamongan pada Agustus 1968.
Awalnya, RS ini hanya berupa Balai Pengobatan Islam, bertempat di Jalan K. H. Ahmad Dahlan no. 7 Lamongan. Baru pada 1978, setelah mendapat hibah dari Bapak H. Usman Dimyati sebagai pemilik lahan dan bangunan yang disewa, fungsi pelayanan ditingkatkan. Tidak lagi sekedar melayani pengobatan standar, namun ditingkatkan dengan pelayanan BKIA/Klinik KB yang kemudian menjadi rumah bersalin dengan kapasitas 6 (enam) tempat tidur. Hal itu dapat terwujud berkat usaha nyata dan sungguh sungguh tanpa pamrih dari para pendiri dan pengurusnya, Seiring dengan pesatnya perkembangan, secara bertahap dilakukan perluasan dan peningkatan sarana, baik menyangkut gedung, tenaga medik/paramedik/non paramedik, peralatan penunjang peralatan medik/paramedik maupun bentuk pelayanan yang diberikan. Rehabilitasi, renovasi dan perluasan gedung yang sebagian berlantai tiga telah dapat dirampungkan pada 1987.
Pada 1992, kapasitas rawat inap seluruhnya mencapai 63 tempat tidur, yang terdiri dari; 12 tempat tidur ruang bersalin, sepuluh tempat tidur Neonatus, tiga tempat tidur ICU Neonatus, 20 tempat tidur rawat inap dewasa pria di pavilyun Melati, sembilan tempat tidur rawat inap dewasa wanita serta 9 sembilan tempat tidur rawat inap untuk anak-anak di pavilyun Matahari. Pada 1993 juga telah dapat dibangun ruang Kamar Operasi (OK) yang cukup representatif.
BAKIS pun, pada 1992 diubah menjadi RS, menempati lahan seluas 1,7 hektar Ha di lokasi yang terbilang strategis yaitu Jalan Raya Babat Lamongan atau sekarang dikenal dengan Jl. Jaksa Agung Suprapto.
Proses pembangunan gedung baru tersebut dilakukan dengan beberapa tahapan pembangunan. Diawali dari Peletakan Batu Pertama, yang prasastinya ditandatangani oleh Gubernur Jatim H. Bashofi Sudirman, dihadiri juga oleh Prof. Dr. H. Amien Rais, MA. Pada tanggal 17 Oktober 1994. Peresmiannya tahap pertama ini dilakukan oleh Prof. Dr. H. Amien Rais, MA bersama Bupati Lamongan H. R. Moh. Farid, SH.
Peresmian tahap II dilakukan oleh Menko Kesra Ir. Azwar Anas dan peresmian pembangunan tahap III oleh Menteri Agama Prof. Drs. Malik Fajar, MA. sekaligus Peletakan Batu Pertama untuk tahap IV. Selanjutnya Prof. Dr. H. Ach. Syafi'i Ma?arif,MA. yang meresmikan tahap IV (Gedung Induk).
Proses pembangunan terus berlanjut, peletakan batu pertama tahap V dilakukan oleh Prof Dien Syamsudin yang hingga kini proses hampir selesai. Insya Allah diawal tahun 2005 nanti, peresmian gedung tahap V akan dapat dilaksankan.
Hingga saat ini, penampilan Rumah Sakit yang berada diatas tanah Hak Milik seluas 22.396 m? pembangunannya telah selesai + 2/3% dari total master plan. Kontinuitas pembangunan tersebut sebagai wujud untuk menciptakan kenyamanan dokter mitra, karyawan serta terjangkau bagi pasien.Pada 2004 tersedia 98 Tempat Tidur dengan tenaga medis spesialis Obgyn, Anashtesi, Penyakit Dalam, Penyakit Anak, Bedah Umum dan berbagai medis spesialistik yang lain.
Fasilitas dan Jenis Pelayanan :
  1. Instalasi Rawat Jalan

    Poli Spesialis
    1. Spesialis Penyakit Dalam 
    2. Spesialis Kesehatan Anak
    3. Spesialis Bedah Umum
    4. Spesialis Bedah Syaraf
    5. Spesialis Kandungan dan Kebidanan
    6. Spesialis Syaraf
    7. Spesialis Mata
    8. Spesialis THT
    9. Spesialis Paru
    10. Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
    11. Spesialis Anastesi
    12. Spesialis Rehabilitasi Medis
    13. Spesialis Radiologi
    14. Spesialis Urologi
    15. Lainnya: Akupuntur, Konsultasi Gizi, klinik Psikologi
  2. Poli Umum: 

    1. Poli Umum
    2. Poli Gigi
    3. Poli Ibu & Anak (KIA)
  3. Instalasi Gawat Darurat (IGD) 

    1. Instalasi Rawat Inap:


      1. Ruang Perawatan Dewasa
      2. Ruang Perawatan Anak
      3. Ruang Perawatan Persalinan
      4. Ruang Perawatan Neonatologi
      5. Ruang Intensive Care Unit (ICU)
      6. Ruang Ruang Observasi Intensive (ROI)
      7. Ruang Perawatan Isolasi
      Instalasi Penunjang Medis (Layanan 24 Jam) :


      1. Instalasi Laboratorium
      2. Instalasi Farmasi
      3. Instalasi Bedah Sentral
      4. Instalasi Gizi
      5. Instalasi Kendaraan / Ambulance

    1. Layanan Khusus:

      1. Kerohanian
      2. Pemulasaran Jenazah
      3. Warung Telekomunikasi (24 Jam)
      4. Mini Market
    Visi, Misi dan Motto pelayanan
    Visi :
    Menjadikan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Sebagai Perwujudan dari Iman dan Ibadah kepada Allah SWT dan Sarana Amal Sholeh
    Misi :
    • Menjadikan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Sebagai Amal Usaha Pelayanan Kesehatan yang Islami, Profesional dan Bermutu.
    • Menjadikan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan Sebagai Sarana dakwah Amal Ma?ruf Nahi Mungkar serta Sebagai Sarana Untuk Mewujudkan Masyarakat dan Keluarga Yang Sehat Sejahtera
    Motto :
    Cepat, Bermutu, Terjangkau dan Islami
    Alamat

    Jl Jaksa Agung Suprapto Lamongan Kota 62215 Jawa Timur

    No. Telp/fax :0322 ? 322834 ( Hunting ) / fax. 0322- 314048


    0 komentar :

    Posting Komentar